KETAHANAN PANGAN SMK MUDA BERSAMA LARETA

Merintis Ketahanan Pangan Lokal, Lareta pendampingan kegiatan ketahanan pangan SMK Muda

Sabtu, 31 Agustus 2019 Lareta (Laboratorium Edukasi Tani) dari Universitas Gadjah Mada melakukan pendampingan kegiatan ketahanan pangan dengan SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan dalam bidang pertanian. Produk kegiatan ketahanan pangan dari jurusan ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura) merintis dalam produksi mocaf (tepung modifikasi dari ubi ketela pohon). Mocaf merupakan tepung substitusi tepung terigu yang berasal dari ubi tanaman pangan yakni ketela. Kegiatan ketahanan pangan juga dilaksanakan oleh jurusan APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) yang merintis dalam produksi aneka olahan makanan dengan bahan dasar mocaf, yang dibuat bronis mocaf dan puding mocaf.

Pihak lareta memberikan motivasi kepada pelaksana teknis ketahanan pangan di SMK Muda agar dapat merubah peningkatan dari sikap, keterampilan dan pengetahuan peserta didik dalam memproduksi bahan pangan yang berbasis potensi lokal. Lahan pertanian yang semakin sempit karena alih fungsi lahan, dengan jumlah penduduk meningkat perlu adanya pertanian yang terintegrasi dengan sektor lainnya “integrated farming” untuk mendukung dalam menyediakan bahan pangan.

Peserta didik di SMK diharapkan bisa menjadi agen perubahan, yang potensial menjadi subjek dalam mendukung ketahanan pangan. Pangan, energi dan air menjadi unsur penting dalam kehidupan manusia. Ketahanan pangan perlu diwujudkan agar tidak terjadi krisis pangan.

C:\Users\smk2\Documents\isi web\WhatsApp Image 2019-09-03 at 17.39.59.jpeg

 

 

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *