Yuuk Membuat Tepung dari Ubi Ketela Tanpa Enzim di SMK Muda Mertoyudan

 

Yuuk Membuat Tepung dari Ubi Ketela  Tanpa  Enzim di SMK Muda Mertoyudan

 

Pernahkah anda mengkonsumsi tepung mocaf ? ini memiliki gluten yang rendah dibuat dengan berbahan dasar singkong atau ubi kayu. Artikel kali ini akan membahas penjelasan, perbedaan tepung mocaf dengan tepung yang lain, karateristik, manfaat, dan cara membuat tepung mocaf.

Modified cassava flour adalah tepung berbahan baku singkong atau ubi kayu  yang dimodifikasi  dengan cara fermentasi. Dengan teknik fermentasi menggunakan mikrobia. Tumbuh selama fermentasi akan menghasilkan enzim selulolitik dan pektinolitik.

Kemudian, enzim tersebut dapat menghancurkan dinding sel singkong, sehingga terjadi liberasi granula pati. Mocaf ini memiliki karateristik yang mirip dengan tepung terigu, walaupun berbahan baku ketela atau singkong.

Fungsi utama dari tepung mocaf yaitu sebagai pengganti tepung terigu, sehingga karateristiknya dibuat semirip mungkin dengan tepung terigu. Berikut adalah ulasan tentang karateristik, manfaat, dan cara membuat tepung modified cassava flour hingga resep-resep penggunaan tepung mocaf.

 

Karateristik Tepung Mokaf

 

  1. Mengandung kalsium, fosfor, dan serat yang lebih tinggi daripada tepung terigu,
  2. Kaya vitamin C
  3. Terdapat kandungan fitoestrogen, suatu hormon yang berfungsi untuk mencegah menopause dini yang biasa tejadi pada kaum wanita.
  4. Warna Lebih Putih,
  5. Aroma singkong hilang (tidak ada aroma tape),
  6. Tekstur lebih halus,
  7. Elastisitas meningkat,
  8. Lebih mengembang saat digunakan sebagai bahan baku pembuatan olahan kue,
  9. Hilangnya rasa pahit yang kadang muncul pada singkong.
  10. Rendah gula, aman dikonsumsi oleh semua orang
  11. Cocok bagi penderita diabetes, autis dan celiac disease.

 

Perbedaan Tepung Mocaf dengan Tepung Tapioka

Komponen utama pati tapioka adalah karbohidrat, dan sudah tidak ada bahkan sangat sedikit terkandung proteinnya. Sedangkan tepung mocaf banyak mengandung protein karena seluruh bagian singkong terkandung disana.

Tepung tapioka dan tepung mocaf mempunyai perbedaan yaitu terletak pada kandungan proteinnya. Cara membuat tepung mocaf pun berbeda dengan tepung tapioka.

 

Perbedaan Tepung Mocaf dengan Tepung Terigu

Tepung mocaf memiliki kandungan zat gizi yang berbeda dengan tepung terigu. Kandungan zat gizi yang mendasar adalah, bahwa tepung mocaf tidak mengandung zat gluten. Gliuten yang hanya ada pada terigu yang menentukan kekenyalan makanan

Oleh karena itu, perlu diperhatikan prosentase penggunaan tepung mocaf untuk mengganti terigu disesuaikan dengan jenis produknya, sehingga tidak merubah dan mengurangi kualitas produk. Tepung pengganti ini memiliki sedikit protein sedangkan tepung terigu berbahan gandum kaya dengan protein.

Modifed cassava flour ini lebih kaya karbohidrat dan memiliki gelasi yang lebih rendah dibandingkan tepung terigu. Karateristik tepung mokaf dengan tepung terigu sama dengan perbedaan tepung mokaf dengan tapioka.

 

Manfaat Tepung Mocaf

  1. Sebagai Pengganti Tepung Terigu

Seperti yang anda tahu tepung mocaf memiliki fungsi utama yaitu sebagai pengganti ataupun campuran tepung terigu. Hal ini karena tidak hanya kandungan nutrisinya saja yang sangat baik dan dapat menutrisi tubuh anda, tetapi juga dengan tekstur tepung mocaf yang memiliki kesamaan dengan tepung terigu.

Dan tentunya ini sangat baik bagi anda yang memiliki alergi ataupun tidak bisa mencerna dengan baik segala olahan yang berbahan dasar terigu.

  1. Meregenerasi Sel

Selain itu banyak orang lebih memilih tepung mocaf sebagai salah satu bahan wajib ketika membuat kue karena tepung mocaf memiliki kandungan protein lebih baik daripada terigu.

Banyaknya kandungan protein pada tepung mocaf, dapat meningkatkan proses regenerasi sel anda menjadi cepat dan lebih baik. Tidak hanya sel tubuh saja, begitu pula dengan sel kulit. Sehingga, ketika anda mengalami lukka gores ataupun sayatan, luka tersebut akan mudah sembuh.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang baik pada tepung mocaf dapat mencegah gangguan pada pencernaan anda bahkan mengatasi beberapa jenis gangguan pencernaan seperti susah BAB dan sembelit. Dan dengan jumlah serat yang mencukupi, tepung mocaf dapat membantu melancarkan sistem pencernaan anda.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat membantu proses regenerasi sel lebih cepat, anda juga mampu mencegah penuaan dini. Nutrisi pada tepung mocaf dapat memperlambat proses penuaan serta menghilangkan kerutan di wajah anda, sehingga anda akan selalu terlihat awet muda.

  1. Mengurangi Menopouse

Adapun kandungan fitoestrogen pada tepung mocaf yang berfungsi mencegah proses menopause dini yang terjadi pada wanita. Kebanyakan wanita di usia 40 hingga 40 an sangat rentan dengan mengalami proses menopause dini. Sebagai bentuk pencegahan, anda dapat mengkonsumsi berbagai kreasi makanan olahan dengan bahan dasar tepung mocaf.

  1. Bahan Olahan Menu Diet Sehat

Tepung modified cassava flour memiliki kandungan karbohidrat yang baik serta rendah lemak sehingga sangat baik dijadikan sebagai bahan pengganti beras ataupun nasi. Anda dapat mengkonsumsi tepung mocaf sebagai menu diet pengganti  makanan pokok.

Cara Membuat Tepung Mocaf Tanpa Enzim

Tepung mocaf terdapat dua jenis yaitu cara membuat tepung mocaf dengan enzim atau tanpa enzim, resep berikut adalah resep pembuatan tepung tanpa enzim.

 

 

Langkah-Langkah Membuat Tepung Mocaf

  1. Siapkan bahan baku utama, yaitu singkong kemudian kupas kulit singkong tersebut.
  2. Lanjutkan dengan membersihkan lendir pada ubi setelah mengupas kulitnya. Cara membersihkan lendir ubi bisa dengan cara direndam kedalam air kapur sirih selama semalaman. Saat merendam, posisi singkong harus terendam penuh agar tidak mengalami oksidasi. Untuk dosis kapur sirih yang diperlukan adalah 1 ons per satu kuintal ubi kupasan segar.
  3. Potong-potong singkong hasil rendaman tersebut seperti membentuk chips atau keripik yang biasa dimakan.
  4. Rendam penuh hasil potongan chip-chip tersebut selama 3 hari 3 malam dengan air bersih. Ganti air rendaman setiap 24 jam. Air bekas rendaman silahkan endapkan untuk diambil tepung tapiokanya.
  5. Setelah direndam selama 3 hari, angkat chip dan tiriskan agar kadar airnya berkurang. Untuk mempercepat, silahkan press chip terserbut dengan alat press agar kadar airnya cepat berkurang.
  6. Jemur potongan chips tersebut sampai kering, usahakan kadar airnya maksimal 12%.
  7. Lakukan penggilingan chip kering tersebut untuk diproses menjadi teung mocaf.
  8. Silahkan ayak hasil tepung tersebut dengan ayakan mesh 80, untuk mensortir tepung yang masih kasar. Jika ada yang masih kasar bisa dilakukan penggilingan kembali.
  9. Campurkan tapioka yang sudah dikeringkan (lihat langkah no.4) lalu jemur ulang sampai kering.
  10. Packing tepung mocaf yang sudah jadi tersebut kedalam tempat yang tertutup rapat seperti wadah plastik
  11. Tepung mocaf yang sudah jadi tersebut bisa digunakan untuk membuat berbagai macam olahan seperti roti atau kue, atau bahkan bisa dijual kepasar.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *