Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian


Deskripsi

Konsentrasi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian adalah program keahlian yang bertujuan membentuk lulusan yang berkarakter islami, jujur dan terampil, membekali ilmu tentang pengolahan hasil nabati, hewani, perkebunan dan herbal, memberikan pengetahuan dasar tentang pengendalian mutu dan keamanan pangan, membekali dengan inovasi produk pangan dan olahan pertanian non pangan serta ilmu kewirausahaan, serta menyiapkan wirausahawan yang handal di bidang agribisnis pengolahan hasil pertanian.

Konsentrasi yang dikembangkan Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian adalah:

  1. Pengolahan Hasil Nabati.
  2. Pengolahan Hasil Hewani (Ternak Unggas, Ternak Besar, Ikan, Telur, dan Susu).
  3. Pengolahan Hasil Tanaman Herbal, Tanaman Penyegar dan Perkebunan.
  4. Keamanan Pangan, Penyimpanan, Penggudangan Penanganan Limbah dan Analisis Usaha.

Pengolahan Hasil Nabati

Pengolahan Hasil Nabati merupakan kumpulan bahan kajian dan pembelajaran tentang penanganan, proses pengolahan, pengemasan, perencanaan usaha, serta pemasaran untuk buah-buahan, sayur-sayuran, umbi-umbian, serealia dan biji-bijian. Komoditas-komiditas tersebut mempunyai sifat mudah sekali rusak, sehingga harus dilakukan penanganan yang tepat.

Konsentrasi Pengolahan Hasil Nabati berisi kompetensi-kompetensi terkait penguasaan keahlian dalam mengolah Hasil Pertanian. Lingkup materi pada mata pelajaran ini meliputi proses pengolahan, pengemasan, perencanaan usaha, serta pemasaran untuk buah-buahan, sayur-sayuran, umbi-umbian, serealia dan biji-bijian. pelajaran konsentrasi Pengolahan Hasil Nabati berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki bekal yang cukup untuk masuk ke dalam dunia kerja.


Pengolahan Hasil Hewani (Ternak Unggas, Ternak Besar, Ikan, Telur dan Susu)

Pengolahan Hasil Hewani merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang Penanganan, pengolahan, pengemasan, perencanaan usaha, serta pemasaran pada komoditas hasil ternak (Unggas), Ternak Besar (Sapi), ikan dan telur. Komoditas-komoditas tersebut sangat mudah sekali mengalami kerusakan apabila tidak ditangani secara baik dan benar. Sehingga sangat materi pengolahan hewani ini menjadi sangat penting untuk bisa dipelajari oleh peserta didik.

Konsentrasi Pengolahan Hasil Hewani (Ternak Unggas, Ternak Besar, Ikan, Telur dan Susu) berisi kompetensi-kompetensi terkait Penanganan, pengolahan, pengemasan, perencanaan usaha, serta pemasaran pada komoditas hasil ternak (Unggas), Ternak Besar (Sapi), ikan dan telur. Pada konsentrasi ini dilengkapi dengan konsep serta implementasi pengolahan Hasil Hewani yang terbaru dan terkini. Mata pelajaran Pengolahan Hasil Hewani berfungsi untuk membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki bekal yang cukup untuk masuk ke dalam dunia kerja.

Peserta didik dibekali kemampuan melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran, melalui berbagai aktivitas proses saintifik sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah. Peserta didik diarahkan untuk memahami dan menerapkan Proses produksi yang baik, Sanitasi yang baik dalam proses produksi, HACCP, dan sistem penjaminan mutu.


Pengolahan Hasil Tanaman Herbal, Tanaman Penyegar dan perkebunan

Mata pelajaran Pengolahan Hasil Tanaman Herbal, Tanaman Penyegar dan Perkebunan berisi kompetensi kompetensi dalam menangani hasil tanaman herbal, tanaman penyegar dan perkebunan, membuat produk dari Tanaman Herbal, Tanaman Penyegar dan perkebunan menjadi simplisia ataupun produk siap konsumsi dan bentuk segar ataupun instan.

Peserta didik dibekali kemampuan melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran, melalui berbagai aktivitas proses saintifik sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah. Peserta didik diarahkan untuk memahami dan menerapkan Proses produksi yang baik, Sanitasi yang baik dalam proses produksi, HACCP, dan sistem penjaminan mutu.


Keamanan Pangan, Penyimpanan, Penggudangan Penanganan Limbah dan Analisis Usaha

Mata pelajaran Konsentrasi Keamanan Pangan, Penyimpanan, Penggudangan  Penanganan Limbah dan Analisis usaha berisi kompetensi-kompetensi terkait penguasaan keahlian Keselamatan dan Kesehatan Kerja di industri pengolahan makanan dan minuman, pengendalian mutu bahan hasil pertanian, penerapan kerja laboratorium, keamanan pangan, GMP, HACCP, penanganan dalam penyimpanan dan penggudangan, penanganan limbah padat dan cair dalam industri pengolahan makanan dan minuman dan melakukan analisis usaha mulai dari penetapan HPP, HJP, B/C ratio, R/C Ratio, BEP dan melalukan evaluasi usaha berdasarkan analisis usaha yang dilakukan.

Mata pelajaran konsentrasi Keamanan Pangan, Penyimpanan, Penggudangan Penanganan Limbah dan Analisis Usaha berfungsi membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap agar memiliki bekal yang cukup untuk masuk ke dalam dunia kerja maupun peserta didik yang akan berwirausaha sendiri.

Peserta didik dibekali kemampuan melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran, melalui berbagai aktivitas proses saintifik sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah. Peserta didik diarahkan untuk memahami dan menerapkan aspek digital consumer behaviour melalui proses menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan menemukan nilai-nilai baru secara mandiri.


Dokumentasi Kegiatan