TEROBOSAN BARU DARI SMK MUDA “ESEMMU” BROWNIES

Saat ini permintaan tepung terigu di pasaran meningkat, padahal permintaan ini tidak sebanding dengan produksi dan import tepung terigu. menanggapi hal tersebut, SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan( SMK Muda ) langsung menangkap sebagai peluang bisnis . Tepung mocaf adalah salah satu alternatif yang sangat direkomendasikan karena harga lebih terjangkau dan memiliki kandungan gizi yang tak kalah baiknya dengan tepung terigu.

SMK Muda sekarang memiliki terobosan baru yang sangat diminati masyarakat luas, yaitu tepung mocaf dan brownies mocaf. tepung mocaf adalah tepung yang terbuat dari singkong / ketela yang diolah dengan beberapa tahapan hingga menjadi serbuk bertekstur. Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) SMK Muda mampu menghasilkan tepung mocaf yang memiliki banyak kandungan serat terlarut ( soluble fiber ) yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan tepung gaplek dan memiliki daya kembang yang setara dengan gandum tipe II ( kadar protein rendah ).

Aplikasi dari tepung mocaf yang dihasilkan oleh jurusan ATPH diolah oleh jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian ( APHP )menjadi brownies. Membawa branding “Esemmu” brownies menyaikan dua varian yaitu coklat dan pandan dengan tiga macam topping yang mempercantik tampilan esemmu brownies.

“ Besar Harapan kami untuk tepung mocaf dan esemmu brownies bisa diterima di masyarakat luas, dikarenakan olahan yang menggunakan tepung mocaf memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan olahan dari tepung terigu, apalagi kita bisa memproduksi sendiri, sangatlah bangga dengan hasil dari negeri yang kaya ini, tidak perlu import lagi ” ungkap kepala sekolah, Elfi Rusdiana E,S.Pd

C:\Users\smk2\Downloads\WhatsApp Image 2019-08-29 at 12.25.09.jpeg

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *