TUK SMK MUDA

TUK SMK MuDa Melaksanaan Sertifikasi Profesi

Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan (Muda) yang berada dalam naungan Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) pada bulan Juli dan Agustus 2019 melaksanakan program sertifikasi Profesi. Program ini dilaksanakan atas kerja sama LSP-KP dengan Kementrian Ketenagakerjaan. Program sertifikasi profesi ini menjurus pada calon tenaga kerja /tenaga kerja pemagangan sektor kelautan dan perikanan, sehingga akan mendapatkan pengakuan kompetensi bagi yang bersangkutan.

Sertifikasi kompetensi kerja merupakan bentuk pengakuan secara formal terhadap kompetensi kerja yang dikuasai oleh peserta pemagangan atau tenaga kerja yang berpengalaman. Standar kompetensi mencerminkan kemampuan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan dukungan sikap kerja. Pelaksanaan Sertifikasi Peserta Pemagangan melaui anggaran Kemenaker tahun 2019 bertujuan   untuk :

  1. Mempercepat pengakuan industri dan sektor terhadap tenaga kerja bersertifikat kompetensi.
  2. Memfasilitasi calon tenaga kerja/tenaga kerja untuk mendapatkan sertifikat kompetensi melalui Uji Kompetensi oleh LSP-KP .
  3. Memfasilitasi kerjasama LSP-KP dengan dunia usaha/industri dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja kompeten bersertifikat kompetensi.

TUK SMK Muda dalam kegiatan Sertifikasi Profesi ini diberi kepercayaan oleh LSP-KP untuk menyelenggarakan 40 paket Uji Kompetensi. Satu paket uji kompetensi diikuti oleh 30 peserta. Jadi, pada kurun waktu dua bulan (Juli-Agustus) TUK SMK Muda telah melakukan asesmen terhadap 1200 peserta/asesi. Untuk peserta atau asesi ini berasal dari berbagai bidang keahlian dan juga dari beberapa daerah. Pelaksanaan Uji  dilaksanakan di lokasi kerja/perusahaan/pemagangan. Lokasi tersebut meliputi Magelang, Semarang, Cirebon, Kendal, Juwana, Gunung Kidul, Situbondo, Lampung,  Banyuwangi, dan Bali.(FWR&EA)

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *