Peran Guru BK dalam Masa Pandemi Covid-19

Peran Guru BK dalam Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Eka Kurnia Sari, S.Pd

Wabah Corona Virus Disease-19 (Covid-19) ditetapkan sebagai pandemi global dan BNPB menetapkan Status Darurat Nasional di seluruh Indonesia. .Berkaitan dengan hal tersebut pemerintah telah melakukan upaya preventif guna mencegah dan meminimalkan penyebaran virus corona.

Kebijakan yang di ambil pemerintah Indonesia yaitu dengan menerapkan social distancing atau menjaga jarak dan work from home (WFH) atau kerja dari rumah baik pengawai negeri maupun swasta.Kebijakan tersebut mempunyai beberapa implikasi pada berbagai bidang ,tidak terkecuali bidang pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim telah mengeluarkan surat edaran pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Covid-19 tertanggal 24 Maret lalu dimana salah satu kebijakannya adalah menetapkan bahwa proses belajar untuk sementara dilakukan secara online atau daring dari rumah masing-masing. Padahal, interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran sangatlah penting.

Adanya interaksi tatap muka guru dan siswa bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemajuan proses belajar siswa. Dengan adanya proses pembelajaran daring sesuai intruksi menteri pendidikan, maka guru harus benar benar memerhatikan belajar siswa yang dilakukan secara online. Hal ini menjadi PR serius untuk guru BK agar tetap memotivasi anak didiknya agar tetap semangat belajar dirumah dalam masa pandemi.

Di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan ( SMK Muda ) Guru Bimbingan dan konseling (BK) memiliki andil yang sangat besar di masa pandemi covid-19 Antara lain yaitu: Layanan konseling maupun konsultasi online tepatnya adalah Suatu bimbingan atau penyulihan yang diberikan guru BK  untuk membantu kondisi siswa yang sedang mengalami masalah atau memiliki hambatan tertentu dan membutuhkan bantuan untuk menemukan jalan keluar masalah. Dimana pembelajaran kali ini hanya bisa dilakukan melalui media online seperti whatsapp, IG maupun Youtube.

Salah satu layanan konsultasi yang kami berikan yaitu konsultasi karir bagi siswa kelas XII, karena tidak menutup kemungkinan banyak siswa kelas XII yang masih bingung menentukan arah karir setelah lulus SMK, apalagi disituasi seperti sekarang ini, di masa pandemic Covid 19 banyak perusahaan yang membatasi jumlah karyawan baru atau bahkan tidak menerima sama sekali penambahan karyawan dan pendaftaran Universitas juga dengan sistem on line yang kadang membuat siswa bingung.

Sebelum masa pandemi, konsultasi dilakukan secara langsung dimana siswa yang ingin konsultasi bisa menemui guru BK. Tetapi sekarang, karena situasi yang tidak memungkinkan untuk tatap muka, maka banyak siswa mengalami kendala untuk bisa konsultasi secara langsung, Akhirnya kami melayani semua permasalahan siswa di SMK Muda dengan konsultasi secara online. Masa Pandemi covid 19 bukan menjadi penghalang untuk siswa menjadi maju dan berprestasi, untuk itu SMK Muda lewat peran Guru BK senantiasa membimbing, memberi motivasi dan Konseling agar para siswa tetap merasa nyaman walaaupun belajar di rumah.

 

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *