5 hal positif dari upacara bendera dan apel pagi

SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan rutin melaksanakan kegiatan upacara bendera dan apel pagi. Kegiatan upacara dilaksanakan setiap hari senin dan peringatan hari besar di Indonesia, sedangkan apel pagi dilaksanakan pada hari biasa.

 

Mungkin ada sebagian siswa yang tidak menyukai dari pelaksanaan upacara bendera lantaran harus berpanas-panasan dan lain sebagainya, akan tetapi disisi lain ada manfaat yang bisa kamu dapat dari kegiatan ini loh.

 

Apa saja?

 

Berikut manfaat positif yang akan kamu dapatkan, diantaranya :

  • Membiasakan disiplin.

Kita akan dilatih untuk tertib dan disiplin, karena dalam kegiatan ini setiap peserta wajib mengikuti susunan upacara atau apel pagi dengan tertib dari awal hingga akhir.

 

  • Menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Siswa-siswi yang menjadi petugas upacara atau apel pagi selalu bergantian. Salah satunya adalah menjadi pemimpin upacara. Pada saat menjadi pemimpin upacara, siswa tersebut dituntut bisa memimpin jalannya upacara dengan baik. Dengan inilah, para siswa dapat merasakan dan berlatih untuk menjadi seorang pemimpin.

 

  • Membiasakan berpenampilan rapi.

Ketika upacara bendera atau apel pagi yang perlu diperhatikan adalah memakai atribut lengkap, seperti topi, dasi, sepatu hitam maupun atribut lainnya. Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini para pelajar dilatih untuk selalu berpenampilan rapi.

 

  • Meningkatkan kekompakan dan kebersamaan.

Peserta upacara atau apel pagi harus kompak dalam mengikuti aturan dan aba-aba dari petugas upacara. Maka dari itu, dengan mengikuti kegiatan ini sikap kompak dan kebersamaan ini benar-benar bisa dirasakan.

 

  • Menumbuhkan jiwa nasionalisme.

Upacara bendera diharapkan bukan hanya menjadi ritual semata, namun juga dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi merebut kemerdekaan. Untuk itu, para pelajar diharap bisa mengambil nilai-nilai nasionalisme dalam kegiatan ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *