IDUL ADHA DI TENGAH PANDEMI, TINGKATKAN SOLIDARITAS TERHADAP SESAMA

IDUL ADHA DI TENGAH PANDEMI, TINGKATKAN SOLIDARITAS TERHADAP SESAMA

C:\Users\smk2\Downloads\WhatsApp Image 2020-08-02 at 14.05.48(1).jpeg

Perayaan Idul Adha 1441 atau hari raya Idul Qurban pada 31 Juli 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi virus corona masih menerpa. Umat Islam merayakan Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada tahun ini menjadi hari untuk menghayati dan mengaktualisasikan makna dan pesan-pesan esensi ibadah kurban dalam Islam. Dampak pandemi global yang menyebabkan masyarakat dan bangsa mengalami krisis ekonomi dan sosial menjadi momentum yang paling tepat untuk mengaktualisasikan nilai-nilai dan pesan ibadah kurban dalam realitas kehidupan.

Hikmah yang bisa dipetik dari perayaan Idul Adha di tengah pandemi virus corona antara lain bahwa Idul Adha di tengah pandemi virus corona akan semakin mempererat ikatan keluarga. “Kita mungkin tak pernah mengalami lagi, sampai kita dipanggil Allah seperti suasana saat ini. Di mana kita banyak di rumah, lalu kita merayakannya lebih khidmat dengan keluarga, takbiran bersama keluarga, mungkin sebagian ada yang shalat dengan keluarga,”
Semua yang terjadi di dunia ini ┬átentu atas izin dan kehendak Allah SWT. Oleh sebab itu, ummat Islam harus bijak dan senantiasa mengedepankan prasangka baik (husnudzan) kepada Allah Ta’ala. Kita harus meyakini bahwa selalu ada hikmah besar yang terkandung dari setiap ketetapan yang diberikan oleh Allah SWT.

SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan berharap dengan adanya kegiatan bakti sosial berupa penyerahan hewan kurban berupa kambing di daerah Mejing, Candimulyo dan pembagian daging hewan kurban berupa daging sapi seberat 182 kg, yang terbagi menjadi 364 bagian, telah tertasarufkan di daerah lingkungan SMK Muda mampu mengurangi kesedihan masyarakat akibat dampak Covid 19 ini.

Akhirnya kita semua berharap semoga di saat-saat yang istimewa ini, Allah SWT menerima taubat dan pengharapan kita dan Allah segera mengangkat segala musibah -khususnya pandemi covid-19-yang telah menimpa bangsa dan negara ini. Allah kuatkan rasa persatuan dan jiwa kesetiakawanan sosial di antara kita agar negeri ini tetap tegar dalam menghadapi tantangan global di abad 21 ini. Aamiin

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *