AUDIT ATKAPIN II OLEH TIM APPROVAL KKP

        

SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Magelang pada program keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan ( TKPI ) mewajibkan lulusannya memiliki sertifikat ATKAPIN II. Hal tersebut dilakukan  untuk memenuhi tantangan kompetensi tamatan yang menghasilkan awak kapal perikanan yang berkualitas dan profesional serta mampu bersaing di dunia kerja dunia industri.

Menyikapi hal tersebut, maka SMK Muda mengirimkan surat permohonan ke DJPT Jakarta. Jawaban dari permohonan tersebut “ Alhamdulillah diadakan Bimtek selama 3 x sehingga Tim bisa mengupload semua berkas kemudian setelah dinyatakan lengkap maka segera diadakan audit lapangan “ papar Kepala Sekolah Eko Yuantoro, S.P

Audit Lapangan ATKAPIN II terkait 3 dokumen yaitu dokumen administrasi, dokumen 8 standar dan dokumen QSS melibatkan seluruh citivas SMK Muda. Audit ATKAPIN II ( Program Diklat Awak Kapal perikanan ) berlangsung selama 22 – 24 Juni 2023 oleh Bapak Andi Nur Hartoto, S.St.Pi.,M.Eng, Bapak Bambang Sigit Sugiharto, S.St.Pi., M.Si dan Ibu Presti Ayudia Istamara, S.St.Pi. Ketua Program Keahlian Jurusan TKPI Andi Tri S.Pi menjelaskan bahwa ATKAPIN II ini sangatlah penting untuk siswa jurusan TKPI SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan ini dapat melaksanakan ujian ATKAPIN, karena sertifikat ATKAPIN merupakan sertifikat keahlian pelaut yang digunakan sebagai pengakuan kompetensi untuk mengoperasikan kapal perikanan setara Perwira, dan jika di kapal niaga dalam jangka waktu tertentu berlayar, maka sertifikat ini dapat disetarakan menjadi ATT III ( Ahli Teknika Tingkat III ).

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *