GERAKAN RECYCLE dan REUSE JURUSAN ATPH SMK MUDA

GERAKAN RECYCLE dan REUSE JURUSAN ATPH SMK MUDA

Recycle adalah pemrosesan bahan-bahan atau produk yang sudah tidak terpakai lagi menjadi bahan baku yang dapat digunakan kembali. Proses ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan bahan baku baru dan mengurangi sampah yang dibuang ke lingkungan. Daur ulang sampah dapat mengurangi kebutuhan akan bahan mentah baru. Dengan menggunakan kembali bahan bekas, kita mengurangi penebangan pohon, eksploitasi tambang, dan ekstraksi sumber daya alam lainnya. Ini membantu melindungi habitat alam, mengurangi kerusakan lingkungan, dan melestarikan keanekaragaman hayati.

Salah satu ide kreatif anak – anak jurusan ATPH ( Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura ) SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Magelang adalah memanfaatkan galon bekas menjadi pot tingkat untuk tanaman hias. Minat akan mempercantik ruangan baik indoor maupun outdoor semakin meningkat, sedangkan harga pot hias tidak ada yang murah, Karena alasan itulah ide kreatif anak – anak muncul dengan memanfaatkan galon bekas dan disulap menjadi pot tingkat yang sangat menawan serta cocok untuk hiasan outdoor atau indoor.

“Cara pembuatan dan bahan yang digunakan sangatlah mudah didapat menjadi point terpenting dalam menggalakkan kegiatan recycle dan reuse ini” Ujar Ika Suhartiningsih, S.P selaku Ketua Jurusan ATPH. Mendaur ulang  galon bekas dan menggunakan kembali produk tersebut yang telah memiliki nilai ekonomis tinggi adalah salah satu cara meningkatkan jiwa wirausaha anak – anak kami. Hanya bermodalkan galon bekas, pralon bekas dan cat warna pot tingkat yang sangat cantik sudah berhasil dibuat. Semoga kedepannya ATPH bisa menjadi penggerak RECYCLE dan REUSE sehingga tidak banyak sampah di sekeliling kita.

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *